iklan banner 500x500

Calon Gubernur Kalteng Abdul Razak Incar Dukungan Alumni HMI

banner 770 x 130

H. Abdul Razak, calon gubernur Kalimantan Tengah (Cagub Kalteng) nomor urut 4, berharap bisa mendapatkan dukungan dari kader dan alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Sebagai Ketua Majelis Wilayah (MW) KAHMI Kalteng, Razak merasa memiliki hubungan emosional yang erat dengan HMI.

HMI sendiri merupakan salah satu organisasi mahasiswa terbesar di Indonesia, meskipun bersifat independen dan tidak terlibat dalam politik praktis.

Sebagai calon gubernur yang berpasangan dengan calon wakil gubernur Sri Suwanto, Razak optimis bahwa para kader dan alumni HMI dapat memberikan dukungan pribadi terhadap pencalonannya.

“Saya berharap HMI dapat berpihak kepada saya karena saya merupakan satu-satunya kader HMI yang maju di Pilgub Kalteng 2024,” ujar Razak kepada media setelah menghadiri pembukaan Training Raya Nasional 2024 di Aula Rahan Universitas Palangka Raya, Minggu (29/9/2024) malam.

Independensi HMI tercantum dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), tepatnya pada Bab III Pasal 5, yang menyatakan bahwa HMI bersifat independen.

Ini berarti bahwa sebagai organisasi, HMI tidak dapat memberikan dukungan resmi kepada kandidat politik tertentu.

Berita HMI lainnya: HMI Komisariat Hukum dan Sosial Unma Gelar LK 1

Namun, dalam acara Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) HMI Kalteng di Palangka Raya pada 18 Juni 2024, Abdul Razak merasakan adanya simpati dari para kader dan alumni HMI terhadap pencalonannya.

Razak menuturkan bahwa dalam pertemuan tersebut, banyak anggota HMI yang menunjukkan dukungan moral atas langkahnya maju dalam Pilgub.

HMI memiliki pengaruh besar di kalangan mahasiswa dan intelektual muda, dan meskipun sebagai organisasi HMI tidak terlibat dalam politik praktis, dukungan dari anggotanya secara pribadi tidak melanggar prinsip independensi organisasi.

Dengan pengalaman di pemerintahan dan keterlibatannya dalam HMI, Abdul Razak merasa siap mengemban tanggung jawab sebagai gubernur Kalteng.

Pemilihan Gubernur Kalteng 2024 diprediksi akan menjadi ajang persaingan ketat, dan Razak yakin bahwa dukungan dari kalangan kader HMI akan menjadi elemen penting dalam upaya kampanyenya.

Berita HMI lainnya: HMI Kendari Gelar Aksi Dukung Pejuang Lingkungan Torobullu

banner 770 x 130

Leave a Comment