Badko HMI Sulteng Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas Jelang Pilkada 2024

Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Sulawesi Tengah (Sulteng) mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pilkada Serentak 2024.

“Kamtibmas adalah tanggung jawab kita bersama, bukan hanya tugas aparat keamanan, tetapi juga seluruh warga negara, termasuk mahasiswa,” kata Renaldi Kuamas, Ketua Badko HMI Sulteng.

Renaldi menekankan bahwa menjaga situasi tetap aman bisa dilakukan melalui kegiatan positif serta melibatkan pemuda dalam gerakan-gerakan yang bermanfaat. Terlebih lagi, maraknya berita palsu (hoax) dan isu SARA yang beredar di media sosial menjelang Pilkada harus diwaspadai.

“Masyarakat harus lebih bijaksana dan tidak mudah terprovokasi, apalagi menjelang Pilkada Serentak 2024. Situasi seperti ini rentan memecah belah. Oleh sebab itu, kita harus pandai memilah informasi dan hanya menyebarkan yang benar-benar akurat dan bermanfaat,” tambahnya.

Berita HMI lainnya: HMI Pandeglang Laporkan Hakim Terkait Vonis Bebas Pembeli Cula Badak

Renaldi juga mengingatkan agar pemuda tidak dijadikan alat politik atau dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan bisa memicu konflik di tengah masyarakat.

Saat ini, situasi Kamtibmas di Sulawesi Tengah dinilai cukup stabil. Renaldi menggarisbawahi pentingnya menjaga stabilitas ini dengan kerja sama dari semua pihak.

“Kita harus bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan wilayah. Badko HMI Sulteng mengimbau seluruh kader HMI di Sulawesi Tengah untuk berperan aktif dalam memantau serta mengawal jalannya Pilkada, agar tercipta suasana yang damai,” lanjutnya.

Renaldi juga berharap agar pemuda berperan penting dalam mengawasi pemilu untuk mencegah potensi pelanggaran yang mungkin terjadi.

“Kami berharap generasi muda tetap aktif dalam mengawasi jalannya pemilu kepala daerah guna mengantisipasi terjadinya pelanggaran,” tutupnya.

Berita HMI lainnya: HMI Manakarra Demo Tuntut Mundurnya Pj Gubernur Sulbar

Leave a Comment