iklan banner 500x500

HMI KOHATI Serukan Pilkada Aman

banner 770 x 130

Eskalasi politik semakin meningkat menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) untuk Bupati dan Wakil Bupati di Aceh Selatan.

Berbagai pihak telah mengungkapkan dukungan kepada calon tertentu, sementara peran tokoh dan tim sukses mulai menunjukkan indikasi persaingan yang tidak sehat.

Ketua Umum HMI KOHATI Cabang Tapaktuan, Refi Mayaniati, berharap agar kondisi politik tetap tenang dan kondusif di tengah meningkatnya ketegangan menjelang Pilkada di Aceh Selatan.

“Saya mengimbau semua elemen masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pilkada Kabupaten Aceh Selatan,” ungkap Refi Mayaniati dalam acara Krusial, pada Jumat, 18 Oktober 2024.

Ia menambahkan, semua calon yang bertarung seharusnya bersaing dengan cara yang sportif dan menjaga kenyamanan di daerah.

Pertandingan positif tanpa saling menjatuhkan satu sama lain sangatlah penting.

Berita HMI lainnya: Tak Cukup Bukti, Kasus Ketua HMI Pinrang Dihentikan

“Perlu diingat bahwa setiap kandidat memiliki hak politik yang sama untuk dipilih, namun sebaiknya jangan memunculkan narasi yang dapat memecah belah masyarakat.

Selain itu, peran penting dari penyelenggara pemilu, seperti Panwaslih Aceh Selatan, harus bersikap tegas terhadap berbagai pelanggaran yang mungkin terjadi,” tegas Refi.

Dari pantauan kami, semenjak dilantiknya Panwaslih Aceh Selatan, baik di tingkat kabupaten, kecamatan, maupun desa, tidak terlihat adanya kemajuan berarti. Hal ini membuat ketegangan politik di daerah semakin meningkat, lanjutnya.

“Peran Panwaslih Aceh Selatan sangat penting untuk melakukan pengawasan yang lebih ketat.

Jika lembaga ini hanya berfungsi sebagai formalitas, sebaiknya dibubarkan saja, daripada hanya menghabiskan anggaran daerah tanpa memberikan manfaat,” tambah Refi.

Ia juga mengingatkan para tokoh, tim sukses, dan pendukung setiap pasangan calon (Paslon) untuk menjaga kelancaran tahapan Pilkada dengan aman.

Hindari saling menuduh, merendahkan, dan memainkan isu yang belum tentu benar, ujarnya.

“Paslon seharusnya saling bertukar ide dan gagasan melalui visi dan misi mereka untuk memajukan Aceh Selatan.

Mari kita berdemokrasi dengan baik dan menciptakan pemilu yang damai,” tutupnya.

Berita HMI lainnya: PB HMI Gelar Simposium Bahas Peta Jalan Indonesia Emas

banner 770 x 130

Leave a Comment