iklan banner 500x500

KAHMI Lumajang Tegaskan Netral di Pilkada 2024

banner 770 x 130

Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mendorong agar proses demokrasi lima tahunan ini dapat berlangsung dengan baik dan sukses.

Sebagai organisasi independen, KAHMI mengutamakan kepentingan bersama untuk pembangunan daerah.

“Kami ini organisasi yang netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Tidak ada instruksi kepada anggota untuk mendukung salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati yang saat ini sedang bertarung,” ungkap Mudhoffar, Koordinator Presidium KAHMI Lumajang melalui panggilan telepon pada Jumat (20/9/2024).

Mudhoffar menegaskan, jika ada alumni atau pengurus KAHMI yang menyatakan bahwa sebagian besar anggotanya mendukung salah satu calon bupati, seperti Indah Masdar, hal tersebut adalah pendapat pribadi dan bukan sikap resmi KAHMI sebagai lembaga.

Berita HMI lainnya: Abdullah Mokoginta Hadiri Pelantikan Pengurus HMI Bolaang Mongondow Raya 2024-2025

“Pernyataan semacam itu keliru. Sebab alumni HMI atau KAHMI di Lumajang ini tersebar di berbagai partai politik. Secara kelembagaan, KAHMI tidak memiliki sikap mendukung atau tidak mendukung calon tertentu. KAHMI hanya berharap Pilkada ini menjadi ajang pendidikan demokrasi yang sehat. Saya tegaskan kembali, KAHMI tetap menjaga netralitas,” jelasnya.

Saat ditanya mengenai posisi Indah Masdar di KAHMI dan apakah ia merupakan alumni HMI, Mudhoffar menyatakan secara diplomatis bahwa para alumni senior yang lebih mengetahui hal tersebut.

“Sejauh yang saya tahu, dia adalah anggota kehormatan KAHMI. Informasi lebih detail tentu lebih diketahui oleh senior-senior kami seperti Mas Yusuf Wibisono (mantan Kepala KUA) atau Pak Kasno Widyagama,” tambahnya.

Mudhoffar juga menyatakan bahwa pihaknya tidak melarang alumni HMI untuk menyampaikan pendapat atau terlibat dalam mendukung salah satu calon pada Pilkada, namun hal tersebut tidak boleh atas nama organisasi KAHMI.

“Pendapat pribadi sah-sah saja, tapi jangan membawa nama organisasi,” tutupnya.

Berita HMI lainnya: HMI Sastra Jember Gelar Basic Training LK1 untuk Kader Baru

banner 770 x 130

Leave a Comment