Manaf Rumodar Terpilih Sebagai Ketua HMI Sorong 2024-2025

Kepengurusan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Sorong sedang mengalami dinamika dengan diadakannya Konferensi Cabang Luar Biasa (Konfercab) di Aula Masjid Al-Azhar GOR Kota Sorong pada Selasa, 17 September 2024.

KLB tersebut diikuti oleh peserta penuh dari empat komisariat dan dua komisariat persiapan.

Menurut keterangan yang diterima redaksi sorongnews.com, konferensi ini bertema “Ikhtiar Kader Dalam Menjaga Konstitusi HMI Dari Reposisi Kaderisasi.”

Ketua Panitia, Ali Massal, menyatakan bahwa konferensi berlangsung selama dua hari karena forum sempat memanas akibat perdebatan yang terjadi antar peserta.

“Forum Konferensi ini juga mengesahkan hasil rapat HMI Komisariat se-cabang Sorong melalui Surat Nomor: (03/A/2/1445 H) yang dilaksanakan pada 26 Agustus 2023. Dalam rapat tersebut, diputuskan untuk memberhentikan Abdul Kadir Loklomin sebagai Ketua Umum HMI cabang Sorong, sekaligus mencabut keanggotaannya. Hal ini dilakukan karena yang bersangkutan dianggap melanggar 12 pasal Anggaran Dasar dan 9 pasal Anggaran Rumah Tangga,” kata Ali.

Berita HMI lainnya: Dua Alumni HMI Dilantik Jadi Anggota DPRD Bolmut

Pada Rabu, 18 September 2024, forum memilih Manaf Rumodar sebagai Ketua Umum HMI Sorong periode 2024-2025.

Setelah terpilih, Manaf menyatakan bahwa hasil Konfercab Ke-VI dan Surat Keputusan Pemecatan Abdul Kadir Loklomin akan diteruskan ke Pengurus Besar HMI.

Selain itu, forum juga mengusulkan pemecatan terhadap kader yang dianggap telah melanggar aturan administrasi HMI dengan melakukan pemekaran komisariat secara tidak teratur di lingkungan HMI Sorong.

Manaf juga menegaskan bahwa salah satu fokus utama program kerjanya adalah melakukan reposisi kaderisasi dari tingkat cabang hingga komisariat. Ia juga berencana menerbitkan buku saku perkaderan guna menambah wawasan serta meningkatkan militansi kader HMI.

“Kami juga akan mencetak Kartu Tanda Anggota HMI (KTA) agar proses pengorganisasian kader dapat lebih terstruktur,” lanjutnya.

Manaf berharap, di masa kepemimpinannya, HMI dapat hadir sebagai organisasi intelektual yang terorganisir, bukan sekadar wadah untuk berkumpul. Ia pun membuka diri terhadap kritik, saran, serta pandangan konstruktif demi masa depan HMI yang lebih baik.

Berita HMI lainnya: HMI Mamuju Laporkan Dugaan Korupsi Pembangunan Bunker RSUD Sulbar

Leave a Comment