HMI Ketapang Gelar Aksi, Protes Tidak Dapat Akses ke Gedung DPRD

Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI Ketapang menggelar aksi unjuk rasa damai di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, pada Senin, 9 September 2024. Aksi ini berlangsung bersamaan dengan pelantikan 45 anggota DPRD Ketapang periode 2024-2029.

Ketua Bidang Perguruan Tinggi, Kemahasiswaan, dan Pemuda (Kabid PTKP) HMI Ketapang, Anton Hermawan, mengungkapkan kekecewaannya karena tidak diberi kesempatan untuk berunjuk rasa di depan gedung DPRD Ketapang.

“Kami hanya bisa melakukan aksi di pinggir jalan, meski hujan gerimis turun. Dari 45 anggota DPRD yang dilantik, hanya dua orang yang menemui kami,” ujar Anton pada Senin, 9 September 2024.

“Kami merasa sangat kecewa karena tidak bisa menyampaikan aspirasi kami di halaman gedung DPRD. Harapan kami adalah agar semua anggota DPRD yang dilantik bisa menemui kami, bukan hanya perwakilan dua orang. Perwakilan yang hadir pun adalah mereka yang sudah terbiasa menghadapi situasi seperti ini,” tambahnya.

Anton berharap agar DPRD yang baru dilantik dapat bekerja maksimal untuk kepentingan masyarakat umum, bukan untuk kepentingan individu atau kelompok tertentu. “Jika ada ketidakadilan yang merugikan masyarakat, kami tidak akan ragu untuk meminta audiensi dan kembali turun ke jalan menuntut keadilan,” tegasnya.

“Kami akan menjadi mitra jika kebijakan yang diambil untuk kepentingan bersama, namun kami akan menjadi ancaman jika kebijakan tersebut hanya menguntungkan individu atau kelompok tertentu.”

Berita HMI lainnya: PMII dan HMI Desak DPRD Banjarmasin Selesaikan PR Periode Lalu

Selain itu, Anton juga memberikan berbagai kritikan, masukan, dan saran agar DPRD mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Ia berharap anggota DPRD yang baru dilantik dapat meningkatkan kinerja mereka, terutama dalam mengatasi berbagai permasalahan di Kabupaten Ketapang, seperti di sektor kesehatan, sosial, infrastruktur, dan pendidikan.

“Kami mengucapkan selamat atas pelantikan DPRD Kabupaten Ketapang periode 2024-2029. Maaf, kami tidak memberikan rangkaian bunga seperti yang dilakukan instansi lainnya. Hadiah kami adalah aksi dan tuntutan rakyat,” tambah Anton.

Ia juga menekankan bahwa anggota DPRD yang baru dilantik harus menjalankan amanah dengan baik, karena pada akhirnya mereka bekerja untuk rakyat, bukan untuk kepentingan pribadi atau kelompok tertentu.

“Perhatikanlah kesehatan, infrastruktur, sosial, dan pendidikan,” tutupnya.

Berita HMI lainnya: Pelantikan Pengurus HMI Sumbagsel 2024-2026

Leave a Comment